November 07, 2009

10 Tips Membanjiri Blog Anda Dengan Pembaca Setia Dari Yaro Starak

Jika tips ini datang dari Arman, blogger pengelola myho.biz yang sampai saat artikel ini dipublikasikan blog-hitnya belum melebihi angka 1000, maka artikel ini tidak layak baca.

Tetapi karena tips ini didapat langsung dari Yaro Starak, seorang yang mendapat penghasilan 70000 (tujuh puluh ribu - takut disangka salah ngetik) USD per bulan sebagai seorang blogger profesional, sobat semua wajib membaca, meresapi dan mempraktekkan.

Menurut Yaro, tips ini sangat bermanfaat terutama sekali untuk blogger pemula ( seperti saya :) ). Tetapi bukan berarti blogger karatan gak akan beroleh manfaat.

10 tips ini dibuat berurutan berdasarkan prioritasnya. Setiap teknik dibangun/dilakukan berdasarkan teknik sebelumnya untuk membantu kita menciptakan momentum. Diharapkan saat momentum tersebut tercapai, blog kita akan memiliki apa yang disebut ‘traction’ alias pijakan yang kuat. Saat itu kita akan memiliki besaran pembaca 500 orang per harinya, dengan demikian kita tidak perlu bercapek-capek lagi berpromosi, karena pembaca setia kita akan melakukannya secara mouth to mouth .. (Jangan ngeres ya ..).

Berikut 10 tips dari Yaro untuk membanjiri blog kita dengan pembaca yang setia:

10. Buatlah Setidaknya 5 Artikel Pilar.
Artikel pilar adalah tulisan berupa panduan yang bertujuan untuk mengajarkan sesuatu kepada pembaca. Biasanya berisikan lebih dari 500 kata dan berisikan tips dan saran praktis untuk melakukan atau mendapatkan sesuatu.
Contohnya? Artikel yang sedang sobat baca!
Keuntungan artikel model ini adalah memiliki umur daya tarik yang panjang karena tidak bergantung pada waktu seperti layaknya berita yang bila telat satu hari saja sudah ‘basi’.
Semakin banyak artikel pilar yang kita miliki semakin baik.

9. Tulis Setidaknya Satu Artikel Per Hari.
Beruntunglah sob yang bisa mengakses internet setiap hari, karena teknik ini bisa dengan mudah sob lakukan.
Tidak semua artikel harus berupa artikel pilar, tetapi disarankan agar kita semua telah memiliki lima artikel pilar sebelum mulai meramaikan blog kita dengan artikel-artikel baru non-pilar. Tujuan dari artikel-artikel singkat tersebut adalah untuk memberikan kesan kepada pengunjung bahwa blog kita ‘hidup’, dan jika mereka besok kembali berkunjung mereka akan mendapatkan sesuatu yang baru. Dengan demikian mereka terdorong untuk mem-bookmark atau berlangganan feed dari blog kita.
Kita tidak harus mem-posting satu artikel per hari setiap saat, tetapi sangat penting untuk melakukannya apalagi jika blog tersebut masih baru.
Bulan-bulan awal kelahiran blog kita adalah masa-masa yang kritis, karenanya semakin banyak artikel yang kita buat semakin baik. Pada saat ‘traction’ sudah kita dapatkan, kita bisa lebih ’santai’ dengan memproduksi 1-3 artikel per minggu.

8. Gunakan Nama Domain Yang Singkat Dan Sesuai.
Jika anda serius untuk menjadi seorang blogger profesional, maka sangat penting untuk memiliki domain yang mudah diingat. Dan akan lebih hebat lagi jika blog kita di host di penyedia hosting berbayar.
Di dunia off-line (= dunia nyata! Masih ingat khan?) sering kali orang ngobrol tentang blog yang mereka anggap menarik. Jika domain kita mudah diingat, hal tersebut akan memudahkan mereka untuk menyebarluaskan blog kita.
Usahakan untuk mendapatkan domain ‘.com’, jika tidak domain lain yang bisa anda pertimbangkan adalah domain .net, .org, .biz, .info. Dan usahakan untuk lebih fokus mendapatkan domain yang singkat dari pada memaksakan sebuah domain yang mengandung keyword yang anda incar namun puanjaaaannng. Tapi seandainya anda bisa mendapatkan domain yang singkat dan mengandung keyword yang anda inginkan: SUPER!

7. Berkomentarlah Di Blog Lain.
Dengan bermodalkan artikel pilar dan artikel-artikel lainnya, blog kita siap untuk diperkenalkan ke seluruh dunia. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pembaca yang sesuai dengan target incaran kita adalah dengan berkomentar pada blog yang memiliki kesamaan niche topik. Karena bila mereka tertarik untuk mengunjungi blog tersebut, maka sangat alami sekali bila mereka juga akan tertarik untuk membaca blog kita.
Apalagi sistem komentri kebanyakan blog memperkenankan untuk me-link nama kita dengan blog yang kita miliki. Inilah cara pembaca menemukan kita. Jika kita rajin berkomentar dan selalu menyampaikan hal-hal yang bermanfaat, hal tersebut akan membuat pembaca tertarik untuk membaca karya-karya (artikel) kita yang lain dan meng-klik link yang merujuk ke blog kita.

6. Sisipkan Link Ke Blog Lain Dalam Artikel Yang Kita Tulis Dan Lakukan Trackback.
Ini mungkin berlawanan dengan doktrin kebanyakan internet marketer. Koq kita malah menyediakan link ke blog lain yang akan membuat pembaca meninggalkan blog kita?

Aturan Emas:
Kita harus memberi sebelum menerima.

Hukum tersebut pun berlaku dalam dunia blogging. Kalau kita tersenyum pada orang lain, respon yang umum kita dapatkan adalah mereka membalas tersenyum pada kita. Semakin banyak kita memberi senyuman, semakin banyak orang yang tersenyum kembali kepada kita.
Tetapi bila kita tidak melontarkan senyum pada siapapun, kita akan beruntung sekali bila ada 1 atau 2 orang yang tersenyum pada kita.
Apa itu trackback? Trackback bisa dikatakan sebagai percakapan antar blog. Saat kita membuat artikel yang memuat link ke artikel tertentu pada sebuah blog, kita bisa melakukan trackback ke blog tersebut. Dengan melakukan trackback kita seolah mengatakan kepada blog lain: “Hey! Aku nulis tentang kamu loh ..”.
Teknik ini sangat bermanfaat sekali karena dengan melakukan trackback, kita akan meninggalkan link pada blog tersebut yang merujuk ke blog kita. Tetapi yang lebih penting lagi yaitu trackback akan menarik perhatian pemilik blog tersebut. Reaksi umum yang terjadi adalah setidaknya dia akan mengunjungi blog kita untuk mengetahui apa yang kita tulis tentang blognya. Jika mereka menyukai tulisan-tulisan di blog kita bukan tidak mungkin dia akan menjadi pengunjung setia atau setidaknya memonitor kita dan bila kita beruntung mungkin suatu saat dia akan menulis artikel yang memuat link ke beberapa artikel kita.
Lagipula kalau takut pembaca meninggalkan kita gara-gara meng-klik link ke blog lain, atur saja agar blog tersebut dibuka di jendela atau tab yang berbeda. Caranya? Pilih “_blank” pada pilihan ‘target’.

5. Dorong Pembaca Untuk Mengomentari Artikel Di Blog Kita.
Salah satu cara ampuh untuk meyakinkan pengunjung menjadi pembaca setia blog kita adalah dengan menunjukkan bahwa sudah ada banyak orang yang mengikuti perkembangan blog kita. Jika mereka melihat banyak orang yang berkomentar di blog kita, maka mereka akan menganggap blog kita keren dan menarik.
Cara termudah untuk mendorong mereka berkomentar adalah dengan mengajukan pertanyaan di artikel yang kita tulis. Dan pastikan juga untuk selalu merespon komentar-komentar mereka untuk menghidupkan percakapan.

4. Submit Artikel Kita Ke Blog Carnival.
Blog Carnival adalah artikel pada sebuah blog yang merupakan rangkuman dari berbagai blog tentang topik-topik tertentu. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan konten (artikel) yang terbaik pada periode tertentu.
Seringkali para blogger nge-link ke penyedia jasa blog carnival, dan mereka yang artikelnya sedang mendapat sorotan akan menikmati limpahan pengunjung. Untuk mencari blog carnival yang cocok untuk blog kita silakan kunjungi blogcarnival.com.

3. Daftarkan Blog Kita Ke BlogTopSites.com.
Tidak banyak traffic yang mungkin bisa kita dapatkan dari cara ini, mungkin hanya 1-10 pengunjung per hari. Tetapi cara ini sangat mudah sekali untuk dilakukan dan hanya memakan waktu kurang dari 3 menit, jadi cukup sebandinglah. Apalagi setelah kita melakukannya kita tidak perlu melakukan apapun, just sit and let it rolls.
Kita harus mengcopy paste beberapa baris kode ke blog kita, agar blogtopsites.com bisa mulai menghitung ranking kita.
Pengunjung blog yang kita dapatkan dari blogtopsites.com jumlahnya tentu saja akan meningkat sejalan dengan membaiknya ranking kita.

2. Submit Artikel Kita Ke EzineArticles.com.
Cara ini tidak akan secara instan mendatangkan ratusan pengunjung ke blog kita, tetapi gak ada ruginya untuk dilakukan karena kita hanya memanfaatkan apa yang sudah kita miliki, yaitu artikel pilar. Kapanpun kita membuat artikel pilar, jangan lupa untuk ‘nyetor’ juga ke ezinearticles.com. Setelah artikel tersebut di submit, maka artikel tersebut bisa dan boleh dipergunakan oleh orang lain untuk blog atau newsletter mereka.
Keuntungan kita adalah dari apa yang disebut ‘resource box’, yaitu sejenis file signature pada email yang terdiri dari satu atau tiga baris kalimat dan tentu saja linkback ke blog kita yang menyatakan bahwa artikel tersebut berasal dari kita. Siapapun yang ingin menggunakan artikel tersebut wajib menyertakan ‘resource box’ tersebut dalam blog dan newsletter yang mereka terbitkan.
Jika kita sering ’setor’ ke ezinearticles.com bukan tidak mungkin ada seorang pengelola blog atau newsletter yang memiliki basis pembaca yang besar menerbitkan artikel kita. Jika ini terjadi maka kita akan dihujani ratusan bahkan ribuan pengunjung ke blog kita dalam satu hari.

1. Tulis Lebih Banyak Artikel Pilar.
Semua hal tersebut di atas akan membantu kita mendapatkan pembaca, tetapi keseluruhan teknik di atas hanya akan maksimal bila kita memiliki artikel pilar yang baik dan dalam jumlah yang memadai. Tanpa artikel pilar kita akan tetap mendapatkan pengunjung, tetapi mereka tak akan menjadi pembaca setia blog kita. Targetkan diri kita untuk membuat satu artikel pilar per minggunya, maka dalam satu tahun kita akan memiliki 50 artikel pilar yang akan bekerja keras untuk mendatangkan lebih banyak fans yang setia.

Demikian sepuluh teknik untuk secara stabil meningkatkan bukan hanya jumlah pengunjung blog kita, tetapi juga pembaca setia blog kita. Teknik-teknik tersebut adalah sama seperti yang dipergunakan oleh Yaro Starak untuk bisa mencapai posisi di mana ia berada saat ini.

Tetapi tentu saja daftar tersebut bukan harga mati yang tak bisa ditawar. Masih banyak cara lainnya. Seperti kata Yaro sendiri: “Finding readers is all about testing to see what works best for you and your audiences”. Jadi, carilah cara yang paling cocok dengan sob semua, karena saya pun akan mencari cara yang paling cocok untuk diri saya sendiri. Tetapi sebelum kita bereksperimen dengan metode-metode yang belum terbukti keberhasilannya, mendingan kita test-drive dulu teknik-teknik yang terbukti mumpuni dari Yaro.

Atau ada di antara sob pembaca yang sudah menemukan caranya sendiri untuk mendapatkan penggemar ( serasa seleb neh )? Jangan pelit. Bagi-bagi ilmunya donk ..

red. My Home Office.

18 komentar:

  1. Artikel bagus lagi ne. Anda memang pintar merangkai kata, sehingga tulisan anda mengalir dan enak dibaca. Selain itu, tampaknya anda pintar juga ya menganalisis. Salut deh. Tulisan yang penuh advice dan sangat berarti buat gw. Kalau boleh usul di "about me"nya lebih lengkap dunk. Biar saya gak penasaran. Salam


    Myu (murad Maulana)

    BalasHapus
  2. INSYA ALLOH AKAN KU PELAJARI LEBIH LANJUT.

    BalasHapus
  3. bisa ini tukeran artikel tentang seni...
    kayaknya menarik ..
    aku tunggu coment balik ya...

    BalasHapus
  4. Terima kasih ya mas bos untuk artikelnya. soalnya cita2 saya saat ini adalah memburu page rank karna page rank saya masih 0.
    mhon bantuanna. link anda saya pasang di blog saya. back link ya. http://www.dreammaster38.blogspot.com

    BalasHapus
  5. thanks atas infonya..sebagai seorang newbie masih banyak yang harus saya pelajari dari anda.mohon bimbingaanya....

    BalasHapus
  6. thanks atas infonya..sebagai seorang newbie masih banyak yang harus saya pelajari dari anda.mohon bimbingaanya....

    BalasHapus
  7. thanks atas infonya..sebagai seorang newbie masih banyak yang harus saya pelajari dari anda.mohon bimbingaanya....

    BalasHapus
  8. Lengkap dan Informatif. Terimakasih untuk pencerahan yang diberikan. Sangat berguna sekali bagi saya yang baru coba mulai terjun ke dunia ini.

    Salam Sahabat

    BalasHapus
  9. wow...keren abis...tuker link dong

    BalasHapus
  10. boleh tuker link gag he...

    BalasHapus
  11. @Qick Info...
    boleh ajah bro.

    BalasHapus
  12. lum tau carane.......gaptek nih

    BalasHapus
  13. bagaimana carax supaya menjadi blogger yg handal,,,
    apa saja yg harus di posting di dlmx??
    aku msh baru didunia blogger mohon kash bantuanx trims


    izzy

    BalasHapus
  14. nice article...
    thnks very much bro...

    ada yg mau...!!!
    free download video tutorial
    teknik dasar bermain piano klasik

    by.andrew : http://tipsbarudipercaya.blogspot.com/2010/05/teknik-dasar-bermain-piano-klasik.html

    BalasHapus

Copyright © / dillablog

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger