Mei 03, 2010

Cara Memasukkan (embed) Objek Animasi Flash Pada Web atau Blog

Mungkin tips ini sudah usang buat para sobat, tapi rasanya perlu juga saya mempostingnya disamping untuk menambahkan jumlah postingan saya yang masih sedikit juga sebagai pelengkap postingan saya yang dahulu yaitu cara membuat advertise box, yang kali ini saya ingin menggunakan media flash. Mungkin juga bisa digunakan sebagai header blog agar kelihatan menarik.

Seringkali, memasukkan atau embedding objek animasi flash (format swf) ke web bisa membuat web kita terlihat jadi lebih cantik (dan lebih berat, tentunya). Hal ini tentu saja disebabkan animasi pada objek flash tersebut, yang bisa bergerak-gerak (iyalah, namanya juga animasi). Memang bagi sebagian orang, objek flash bisa jadi alergi tertentu dikarenakan ukuran file flash yang relatif besar, menyebabkan bertambahnya beban web. Tapi itu sangat relatif. Banyak juga orang yang tidak memperdulikan berat, dan lebih mengutamakan cinta penampilan web nya.

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah lokasi di mana objek flash akan Anda letakkan.
Untuk lokasinya bisa kita bagi pada:
1. Pada posting atau page
2. Pada suatu bagian theme (contohnya pada header)

1. Memasukkan objek flash (swf) pada posting
Upload file .swf tersebut pada hosting Anda. (atau penyedia hosting gratisan). Lalu catat lokasi file swf tersebut. Misalnya file swf yang saya upload memiliki alamat di:
http://terryhakim.fileave.com/flash/dillablogmusicheader.swf

Buat posting baru seperti biasa, kemudian masuk ke mode HTML. Lalu masukkan kode berikut:
<object width="100%" height="60">
<param name="movie" value="dillablogmusicheader.swf">
<embed src="http://terryhakim.fileave.com/flash/dillablogmusicheader.swf" width="100%" height="60">
</embed>
</object>


(Kode berwarna hijau di atas harus anda sesuaikan dengan nama file swf Anda. Sedangkan kode berwarna merah di atas, Anda ganti dengan lokasi file swf Anda di hosting. Anda juga bisa menyesuaikan tinggi dan lebar objek flash ini).

Sehingga hasilnya seperti ini:



2. Memasukkan objek flash (swf) pada suatu bagian theme atau template (contoh: header)
Untuk lokasi di theme atau template, berarti Anda harus masuk ke file theme tersebut. Biasanya file-nya memiliki nama index.php untuk blog Wordpress. Atau bisa juga pada file lain yang Anda inginkan, sesuai dengan web Anda masing-masing.
Untuk mengedit file-file php atau html, Anda bisa menggunakan software dreamweaver, atau notepad, atau notepad ++, atau NVU. Atau jika Anda menggunakan Wordpress.org atau Blogspot.com, Anda bisa langsung mengedit di halaman admin.

Kemudian letakkan kode seperti di atas pada file tersebut.

Dan kini, dengan memasukkan objek animasi flash pada web atau blog, Anda akan mengerti, bahwa menambah berat juga bisa berarti menambah kecantikan. Hehe >:)

6 komentar:

  1. Cakep banget yah... terima kasih tutorialnya :)

    Terima kasih sudah berkomentar, itu bukan jejaring sosial, tetapi metode promosi produk/servis bisnis via sms ke pelanggan2nya...

    BalasHapus
  2. Mantap tutornya,..
    Flash kayak gini ya?

    BalasHapus
  3. kok sy mencoba masih gagal ya walau sy coba pk code yg diatas.knp?

    BalasHapus
  4. Harus fws?Ngga bisa bikin file swf nihh....

    BalasHapus

Copyright © / dillablog

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger