September 11, 2010

Mengendalikan Kebiasaan Berfikir

Kedisiplinan dicapai dengan mengendalikan kebiasaan berpikir. Dan istilah “disiplin” hanya mengacu pada kekuatan pemikiran, karena semua kedisiplinan pasti berlangsung dalam pikiran, meskipun efeknya bisa dirasakan oleh berbagai fungsi tubuh fisik.
Di mana posisi Anda dan seperti apa Anda sekarang adalah hasil kebiasaan berpikir Anda !

Kebiasaan berpikir adalah target pengendalian!

Hak mengendalikannya berada di tangan Anda sepenuhnya. Karena sudah terbukti bahwa Sang Pencipta-lah yang memberikan keistimewaan besar ini. Jika tidak, Ia tak akan menjadikannya satu-satunya kondisi yang tali kendalinya diberikan eksklusif pada manusia.

Lebih jauh, bukti bahwa Sang Pencipta berkeinginan untuk memberikan hak pengendalian ini pada manusia terbaca jelas melalui hukum Daya Kebiasaan Semesta, media tempat kebiasaan berpikir dimantapkan dan dipermanenkan sehingga kebiasaan-kebiasaan itu menjadi otomatis dan berjalan tanpa upaya sengaja manusia.

Untuk saat ini, kami hanya ingin menarik perhatian Anda kepada fakta bahwa mekanisme agung Sang Penciptanya yang dikenal dengan otak, telah denga piawainya melengapi organ ini dengan suatu peranti, yang mengambil alih dan memberi ekspresi otomatis terhadap segala kebiasaan berpikir.

Kedisiplinan adalah prinsip yang memungkinkan seseorang membentuk pola pemikirannya secara sadar sehingga harmonis dengan target dan tujuannya.

Keisitimewaan ini diikuti dengan tanggung jawab bsar, karena keistimewaan inilah yang paling menentukan posisi seseorang dalam hidupnya.

Seandainya keistimewaan ini disia-siakan lantaran kita gagal membentuk kebiasaan yang dirancang untuk mengantar kita ke pencapaian tujuan yang pasti, maka kondisi kehidupan yang berada di luar kendali kitalah yang akan menunaikan pekerjaan itu. Dan hasilnya tidak jarang teramat buruk!

Setiap manusia adalah sekumpulan kebiasaan. Sebagian diantaranya dibentuk dengan sengaja, dan Sebagian lagi terbentuk secara tidak sengaja. Kebiasaan ini terjadi melalui rasa takut, ragu, cemas, gelisah, rakus, prasangka buruk, iri dan benci.
Kedisiplinan adalah satu-satunya jalan untuk mengendalikan dan mengarahkan kebiasaan berpikir sampai Daya Kebiasaan Semesta mengambil alih dan memberi ekspresi otomatis. Renungkanlah pikiran ini dalam-dalam, karena inilah kunci yang menentukan takdir mental, fisik, dan spiritual Anda.

Anda bisa menata kebiasaan berpikir anda sehingga kebiasaan ini bisa mengantarkan anda ke pencapaian target apa pun yang anda inginkan dan yang terjangkau. Atau anda bisa membiarkan situasi-situasi tak terkendali menguasai kebiasaan berpikir anda sehingga tak diragukan lagi, anda akan diantarkan ke tepian kegagalan dari Sungai Kehidupan.

Anda bisa menjaga pikiran anda tetap tertuju pada hal-hal yang anda inginkan dan hanya memperoleh itu! Atau anda bisa memberinya asupan pemikiran berupa hal-hal yang tidak anda inginkan berpikir berkembang sesuai dengan “makanan” yang berada dalam pikiran anda.

Ini sudah pasti, seperti halnya siang akan disusul dengan malam!

Bangun, bangkit, dan teguhkan pikiran anda untuk hanya tersambung ke situasi yang benar-benar didambakan jiwa anda.

Kerahkan seluruh kekuatan kehendak anda dan kendalikan pikiran anda sepenuhnya. Pikiran adalah milik anda! Ia diberikan pada anda sebagai abdi yang akan mewujudkan keinginan-keinginan anda. Dan tak seorang pun boleh memasuki atau memengaruhinya, sekecil apa pun, tanpa izin dan kerja sama anda. Inilah fakta yang benar-benar dahsyat.

Ingatlah fakta ini apabila situasi yang sepertinya tak bisa anda kendalikan mulai menyusup dan merasuki anda. Ingatlah fakta ini ketika rasa takut dan ragu mulai mengambil tempat dalam pikiran anda. Ingatlah fakta ini ketika rasa takut akan kemiskinan mulai menjalar dalam pikiran anda yang seharusnya diisi dengan “sadar kemakmuran”.

Dan ingatlah pula bahwa inilah disiplin-diri! Satu-satunya metode yang akan menjadikan anda tuan bagi pikiran anda sendiri.

Anda bukanlah cacing yang tercipta untuk merangkak di atas debu.

Jika tidak, anda pasti akan dilengkapi dengan organ fisik yang memungkinkan anda merangkak dengan bertumpu pada perut, alih-alih berjalan dengan kedua kaki. Tubuh Anda telah didesain sedemikian rupa sehingga memungkinkan anda berdiri tegak, berjalan, dan berpikir guna meraih pencapaian tertinggi yang bisa anda pikirkan. Mengapa berpuas hati dengan sesuatu yang kurang dari itu? Apakah anda ingin menghina Sang Pencipta dengan tidak peduli atau abai terhadap berkah paling berharga yang diberikanNya, yakni kekuatan pikiran anda sendiri?

Dikutip dari buku : Secrets of Napoleon Hill’s Mind diterjemahkan dari The Master Key To Riches karya Napoleon Hill, p.277-280

Buku yang mendeskripsikan secara detail filosofi kesuksesan praktis masa kini dan menunjukkan pada Anda bagaimana meraihnya dalam setiap langkah kehidupan.

56 komentar:

  1. Mohon maaf lahir batin juga...

    Baru pulang mudik, badan masih lelah, jadinya baru baca sekilas...nanti saya balik lagi deh :)

    BalasHapus
  2. makasih infonya kawan,sangat bermanfaat nich :D

    BalasHapus
  3. Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku :
    http://www.yohanwibisono.com, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

    BalasHapus
  4. setuju bgt... menurut saya, otak adalah sugesti terhebat bari diri kita sendiri.....^^

    :alay: :nerd: :alay:

    BalasHapus
  5. artikel menarik :D

    you are what you think of yourself.. saya sendiri pernah merasakan hebatnya kekuatan pikiran.. thanks to The Secret, :D

    BalasHapus
  6. emm kalo menurut saya.. otak itu dibagi 4 dan ada bgian masing masing jadi g semua otak memberi sugesti.. menurt ku... hi.. klo salah maap..

    BalasHapus
  7. artikel menarik sob,tapi kadang susah juga ya untuk disiplin diri

    BalasHapus
  8. susah juga merubah kebiasaan yang sudah ada, sudah terukir dalam di dalam otak :)

    BalasHapus
  9. nice info. artikelnya Menambah wawasan saya. Terima kasih udah disharing ya. Salam kenal.

    BalasHapus
  10. kebiasaan berpikir perlu dilatih sejak kecil

    BalasHapus
  11. otak adalah segalanya....
    ngak ada otak ngak punya uang heeheheee..
    lam knal....

    BalasHapus
  12. Bermamfaat sob,.disiplin itu sangat sulit,apalagi yang dari kecilnya udah kacau kayak gue,.
    hahahaha

    BalasHapus
  13. yup. pola pikir harus diubah. kedisiplinan harus dimulai sejak dini

    BalasHapus
  14. artikel yang sangat menarik sekali sobat..memang harus dibiasakan mulai masih kecil..

    BalasHapus
  15. mantap...
    pembahasan yang sangat menarik mengenai pemikiran...

    BalasHapus
  16. mantaf gan postnya..

    kepribadian seseorang juga akan tercermin pada tingkah lakunya..

    BalasHapus
  17. nice Post,Good To article...thaks dah shre..salam kenal

    BalasHapus
  18. nice Post,thanks y dah share....
    salam kenal good luck always

    BalasHapus
  19. benar gan kita Mulia ke displinan sejak dini dan pola fikir kita musti di ubah thx y gan Info nya...salam kenal

    BalasHapus
  20. Nice Posting Nte....Thanks y Dah share...salam kenal...

    BalasHapus
  21. nais artikel gan, keep update

    ________________
    Nitip lapak gan :o

    Nabrak.Biz

    BalasHapus
  22. otak adalah segalaganya Untuk berfikir....
    thanks y gan Info nya n article nya good...
    salam kenal

    BalasHapus
  23. makasih gan posting and articlenya sanagt bermotivasi...salam kenal good luck always...

    BalasHapus
  24. otak dan kecerdasan menjadi percuma jika tanpa nurani...
    :)

    BalasHapus
  25. Nice ...thanks Y daH Share...
    salam kenal good luck

    BalasHapus
  26. nice Post thx dah sahare...sanagt bermotivasi...
    salam kenal

    BalasHapus
  27. makasih banyak y Info nya....salam kenal

    BalasHapus
  28. nice Post sangt Bermotivasi
    salam kenal

    BalasHapus
  29. yapz Info nya sangt bermanfaat...
    thanks your Informations good luck alwys

    BalasHapus
  30. nice Pots nya Thanks for share Informations..

    BalasHapus
  31. nice Post,mari kita latih kebiasan berfikir kita...

    BalasHapus
  32. nice Post,bermotivasi dan Inspirasi...
    thx y dah share salam kenal good luck

    BalasHapus
  33. kendalikan dari sekarang juga...

    otak adalah satu2 nya organ tubuh yg sangat penting..

    mksih ya buat info nya..

    BalasHapus
  34. semangat untuk berfikir sob..
    dan berfiki lah yg positif ...

    nice post

    BalasHapus
  35. siipp dech,,,
    dengan kedisiplinan kita bisa membuat fikiran lebih terkendali apalagi dalam hal emosional...
    semangat disiplin..!!!

    BalasHapus
  36. memang penting banget mengendalikan kebiasaan berfikir, intinya kita harus bisa berfikir positif dan mengambil keputusan yang bijak...

    BalasHapus
  37. mari kita kendalikan cara berpikir kita dengan berpikir positif dan berguna

    BalasHapus
  38. kebiasaan di berdisiplin sangat baik sekali.
    terus tingkatkan kedisiplinan kita
    semangat teruss !!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  39. mari kita pertahankan cara berfikir yang baik

    berfikir yg fositif

    BalasHapus
  40. biasakan cara berfikir yang sehat
    hehe

    BalasHapus
  41. nice Info nya sangt bermotivasi...
    thx y dha share salam kenal good luck always

    BalasHapus
  42. waaaaaahhh good artichel nih ... boleh ya saya share :D
    semoga makin mantab
    kunjungannya saya tunggu :D

    BalasHapus
  43. nice post,makasih y Info nya sangt bermotivasi..
    salam kenal

    BalasHapus
  44. thanks y dah share Informations ...
    greetings Good luck always

    BalasHapus
  45. Sepakat gan... otak adalah sugesti terhebat bari diri kita sendiri.....

    BalasHapus
  46. thanks for share Informations..
    Minal aidzin walfaidzin mohon maff lahir dan batin

    BalasHapus
  47. thanks buat infonya .
    tanpa berpikir apa yang mau kita lakukan pasti tidak akan berjalan lancar .
    sukses trus ya gan , ditunggu artikel terbarunya

    BalasHapus
  48. sipp,,
    tanpa berfikir kita gak bsa menyelusuri masa depan masa yang akan datang..
    salam kenal yah..

    BalasHapus
  49. menarik gan artikelnya,,
    dengan adanya kita berfikir semua akan terkendali.

    BalasHapus

Copyright © / dillablog

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger