November 13, 2009

Banyak Blog, Banyak Rejeki

Ada pepatah lama yang mengatakan bahwa Banyak Anak Banyak Rejeki. Walaupun pepatah itu banyak dibantah oleh pasangan muda jaman sekarang, tapi saya masih bertahan dengan pepatah itu. Banyak anak, memang banyak rejeki. Tapi tentu saja, banyak rejeki artinya banyak tanggungjawab juga. Nah, kapan-kapanlah saya bahas soal banyak anak ini, karena sekarang ada pepatah baru yaitu Banyak Blog Banyak Rejeki.

Ini mungkin salah satu rahasia dari para publisher adsense yang sukses. Bagaimana mereka mendapatkan ribuan dollar per bulan dari adsense. Ya, banyak blog banyak rejeki. Biar penjelasannya mudah kita bikin asumsi saja, oke?

Dalam setahun, kita anggarkan memiliki 120 blog. Tiap blog berisi sekitar 10 – 20 artikel saja. Yuk, kita hitung dana yang dibutuhkan. Karena setahun kita harus punya 120 blog, maka dalam waktu sebulan kita harus bisa membangun 10 blog. Mempromosikannya dan melakukan optimasi semaksimal mungkin. Agar mudah, gunakan sama themes yang gambar headernya mudah dirubah-rubah. Optimalkan themesnya agar SEO Friendly dan kita bisa memulai.

Misalnya kita beli domain .com dengan harga per domain $7,14 (menggunakan Godaddy Coupon Code). Berarti kita butuh dana untuk domain $71,4 per bulan atau sekitar 714.000,– Untuk hosting, cari saja yang unlimited seperti di Dreamhost, Hostgator atau Lunarpages. Biayanya sekitar $60 per tahun.

Lakukan riset kata kunci. Upayakan cari kata kunci yang 3 kata dengan persaingan yang segampang mungkin. Karena kita tidak butuh banyak kunjungan. 100 pengunjung sehari saja sudah sangat cukup.

Beli dan Bangun 10 domain itu dalam waktu sehari. Artikel, cari di article directory dengan beberapa perubahan seperlunya. Upayakan dalam waktu 1 minggu semua blog sudah memiliki artikel minimal 10 artikel. Atur waktu penayangannya 2 sampai 5 hari sekali. Tiga minggu sisanya gunakan untuk promosi, tanam backlink, dll. Upayakan tanam backlink di beberapa social bookmarking juga. Atur juga blogrollnya saling terhubung antara satu blog dengan blog lain.

Lakukan terus setiap bulan seperti ini. Sehingga di akhir tahun anda sudah memiliki 120 blog yang seharusnya sudah menghasilkan dollar. Kita asumsikan tiap blog menghasilkan $1 sebulan atau sekitar $0,03 per hari (masak sih gak bisa dapat segini, ini kan cuma 1 klik per hari.. hehehe). Berarti dalam setahun anda sudah mampu menghasilkan uang $120/bulan. Gunakan uang ini untuk membayar domain dan hosting. Bulan ke-2 cukup bayar domain saja karena hostingnya kan sudah dibayar setahun. Sisanya silahkan pakai untuk melunasi hutang kalau memang modal minjem.

Setelah itu, anda cukup promosi masing-masing artikel dalam blog itu. Dengan cara ini, insya Allah tahun depan pendapatan blog anda sudah bisa naik 2x lipat. Dan anda sudah bisa panen sekarang.

Jika asumsi diatas salah, dan ternyata hasilnya lebih kecil dari yang kita perkirakan, coba lakukan cara berikut:
  1. Periksa statistik web. Apabila ada pengunjung tapi tidak ada klik, berarti penempatan anda yang perlu dibenahi.
  2. Jika ternyata statistik memang kecil dan hanya berlaku untuk blog-blog tertentu saja, maka buang saja dan ganti dengan kata kunci lain yang lebih mudah persaingannya.
  3. Jika blog yang statistiknya kecil itu punya PR (minimal 1), gunakan untuk jualan link
  4. Jika tidak laku-laku jualan link, maka jual aja dengan seluruh konten dan themesnya. Jual murah aja, minimal cukup buat balik modal.

Secara teori hal diatas sangat mungkin untuk dilaksanakan. Saya sendiri belum sempat mencoba mengingat waktu untuk melakukannya tidak ada. Insya Allah mulai Januari tahun depan.

So, kalau memang pengen bukti dulu ya tunggu tahun depan. Tapi mungkin tahun depan udah lain cerita karena semua kata kunci sudah saya kuasai.. hahaha.. **becanda**

13 komentar:

  1. salam sahabt
    ehm bagus juga nich jadi lebih pham thnxs ya n good luck ya...

    BalasHapus
  2. Kalau kebanyakan blog sampe2 lebih dari 100 blog, wah gimana ngisi artikelnya tuh,seandainya bikin sendiri (he...2). Bisa-bisa ntar pinter tuh karena kebanyakan baca untuk membuat artikel.Tapi klo menurut gw mending mantepin tuh belajar SEO-nya. Lantas, sama halnya berbisnis, buat SKBI-nya (Studi Kelayakan Bisnis di Internet). Kira-kira apa yang menjadi trend-nya. Tidak hanya itu, pembuatan blog yang berbayar, seminimal mungkin harus dipanning secara terencana. Lantas, banyak baca untuk pengetahuan baru dari pakar, saya kira itu perlu juga. Nah klo saya sendiri, jujur sampe saat ini membuat blog berbayar dengan sewa domain dan hosting, belum saya lakukan karena masih proses perencanaan dan masih melakukan SKBI dan insya allah dalam waktu dekat ini sudah jadi, itu juga kalau gak ada halangan.

    BalasHapus
  3. Banyak blog, banyak rezeki? Hehehe
    Saya masih belum bisa nyoba ini Sob, masih terlalu sulit...

    BalasHapus
  4. banyak blog memang banyak rejeki, tapi banyak pikrian, banyak masalah, banyak tekanan, banyak mengambil lahan, banyak kemungkinan kegagalan, banyak kesulitan, banyak tantangan, banyak permasalahan, banyak - banyak meluangkan waktu,

    BalasHapus
  5. Mampir buat ngasih komen ni di artikelmu yang mantabbbbbb.......
    Aku masih nyoba ini itu tapi belum ada yang berhasil tuh... maklum masih pemula kali ye.. he.. he..

    BalasHapus
  6. waduh..waduh.. blogentrepreneur nih kayanya. Good.. Good..

    BalasHapus
  7. waduh ntar malah pusing bang dilla, satu aja udah banyak utakatik palagi banyak ya hehehe...
    salam sukses buat sahabat semua.

    BalasHapus
  8. saya setuju banget sama prinsip banyak blog banyak rejeki. tapi kalo PR 1 jualan link nya masih sangat murah ya?

    BalasHapus
  9. betul...banyak blog banyak rejeki....yg penting harus pinter ngatur waktunya

    BalasHapus
  10. setuju!!!!banyak blog banyak rejeki....apalagi blognya keren kayak yg ini :)

    BalasHapus
  11. memang betul tuh!! banyak blog banyak rejeki hehe

    BalasHapus
  12. wew...jadi pengen bikin blog sebanyak-banyak nya nih..
    betul, banyak blog banyak rejeki ;)

    BalasHapus
  13. betul tuh, banyak blog banyak rejeki...
    apalagi blognya berPR semuanya yaa

    BalasHapus

Copyright © / dillablog

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger