Juni 23, 2010

Asli atau Bukan, dengan Metadata



Mungkin agak terlambat kali yah, tapi nggak papalah sekedar isi postingan tentang asli atau bukan suatu file digital. Sebenarnya ini menyangkut ribut-ribut video dan foto ehem mirip artis kembali menguak. Beberapa pakar, mencoba menganalisis keaslian dari file-file yang bikin heboh itu, karena sampai Orang Pertama di Indonesia turut mengomentari.

Analisis suatu file digital, tak akan lepas dari istilah sebagai metadata. Sebenarnya, apa sih metadata itu?

Wikipedia mendefinisikan metadata secara sederhana sebagai data dari suatu data. Metadata mengandung informasi mengenai isi dari suatu data.

Metadata awalnya dipakai untuk manajemen file/data. Namun dalam perkembangannya, metadata kini sering digunakan untuk membuktikan keaslian suatu data.

Untuk jenis data image dan video, metadata bisa mengandung beragam informasi tentang alat perekam, waktu perekaman, data teknis hasil rekaman, piksel, warna, hingga setting kamera.

Cara Melihat Metadata

Jika Anda memiliki sebuah file video atau musik, cobalah diputar dengan memakai pemutar fila apa saja.

Saat file diputar, klik kanan pada nama file, kemudian pilih properties. Akan segera terlihat beragam info mengenai file multimedia tersebut.

Untuk file image, caranya juga sederhana. Silahkan buka file tersebut melalui Windows Picture and Fax Viewer yang merupakan aplikasi standar bawaan Windows. Klik kanan kemudian pilih properties, maka semua info yang berkaitan dengan gambar tersebut akan muncul.

Membandingkan Metadata

Saya menemukan sebuah software komputer berukuran kecil dan gratis. Namanya JPEGsnoop. Bagi Anda yang ingin mencobanya, bisa mengunduh di http://www.impulseadventure.com/photo/jpeg-snoop.html.

Nah, meski kecil, software ini ternyata cukup sakti. JPEGSnoop tak hanya dapat memperlihatkan metadata suatu gambar dengan lebih detil, namun juga dapat mendeteksi jikalau gambar tersebut asli atau telah melalui proses editing.

Berikut ini pembandingan antara file yang sudah diedit dengan yang belum diedit.

Pada gambar sebelah kanan terlihat penjelasan bahwa foto telah mengalami modifikasi dengan menggunakan software Adobe Photoshop CS2. Mengecek foto asli atau bukan, mudah kan?

4 komentar:

  1. Waah nice info nih, apalagi kalau di pampangin gambar yang dibandingkannya....

    BalasHapus
  2. cipt buat postingannya gan,,,,
    cukup menarik ..hehhe

    BalasHapus

Copyright © / dillablog

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger