April 19, 2009

Kamus AdSense

Kali ini saya mau berbagi tentang afiliasi program Google yang kita semua sudah tahu, AdSense. Tapi sebelum bicara lebih jauh tentang AdSense, terlebih dahulu saya coba perkenalkan Kamus AdSense, berikut ini :

Account activation
Proses pengaktifan account Google AdSense yang dilakukan dengan meng-klik link verifikasi yang dikirim melalui email.

Actual CPC (Actual Cost-Per-Click) atau CPC
Biaya yang harus dibayar oleh advertiser (pemasang iklan) untuk setiap klik iklan yang di-klik oleh pengunjung.

Ad layout
Layout/format tampilan iklan yang dapat dipilih oleh seorang publisher AdSense.

AdSense
Layanan iklan dari Google yang memberi kesempatan kepada para pemilik situs, blog atau portal untuk menyewakan space bagi iklan tersebut.

AdSense for Content
Iklan AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman situs, blog atau portal milik publisher.

AdSense for Search
Form kotak pencarian Google yang ditempatkan di halaman situs, blog atau portal milik publisher.

Ad Layout Code
Kode script yang di copy-paste untuk ditempatkan di halaman website.

Ad Rank
Peringkat iklan dalam suatu halaman website.

AdServer
Server yang bertugas mengirimkan iklan ke setiap website yang mempunyai script Google AdSense.

Ad Units
Iklan AdSense.

Advertiser
Pemilik iklan - yang mengiklankan produk atau jasa melalui internat (Google).

AdWords
Program periklanan yang memungkinkan advertiser beriklan melalui Google dengan cost per click.

Browser
Sebutan untuk perangkat lunak yang digunakan untuk menavigasikan world wide web.

Channel
Performa halaman dan unit iklan yang dibuat untuk memudahkan publisher melacak kinerja iklan. Saat ini, ada dua jenis saluran yang dapat dipilih : saluran URL (url channel) dan custom channel.

Check Fees
Biaya yang dibebankan untuk pengiriman cek AdSense.

Competitive Ad Filter
Memblokir iklan dari situas tertentu agar tidak muncul di halaman situs.

Clicks
Jumlah klik pada Ad Units yang dilakukan pengunjung di halaman web milik publisher.

Click Fraud
Melakukan klik iklan AdSense dengan menggunakan cara yang tidak dibenarkan.

Click Popularity
Popularity suatu situs berdasarkan banyaknya situs tersebut dikunjungi melalui klik dan seberapa lama pengunjung menghabiskan waktu di situs tersebut.

Clickthrough
Proses mengklik suatu iklan oleh pengunjung dimana setiap iklan yang diklik akan terhubung dengan website pemasang iklan.

CTR (Click Through Rate)
Perbandingan antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Sebagai contoh, satu Ad Units yang ditampilkan 50 kali dan di-klik 10 kali akan memilikinilai CTR sebesar 20% (10:50).

Color Pallete
Variasi warna tampilan untuk iklan AdSense.

Competitive Ad Filter
Cara untuk memblokir iklan dari situs tertentu agar tidak muncul di halaman situs kita.

Content
Isi website dalam suatu halaman baik berupa file teks, gambar, suara, ataupun video.

Cost-Per-Click (CPC) atau Actual CPM
Biaya yang harus dibayar oleh pemasang iklan setiap pengunjung mengklik iklan tersebut.

Cost-Per-Thousand-Impression (CPM)
Biaya yang harus dibayar oleh pemasang iklan per 1000 kali tayang.

Crawler
Perangkat lunak yang digunakan Google untuk memproses dan mengindeks halaman suatu website.

Direktori
Situs web yang berisi banyak link ke situs-situs lain dan diatur dalam berbagai macam kategori.

DNS (Domain Name Service)
Layanan di internet untuk jaringan yang menggunakan TCP/IP yang digunakan untuk mengindentifikasi sebuah komputer dengan nama bukan dengan menggunakan alamat IP.

Download
Kegiatan mengambil data dari sebuah komputer yang terhubung dalam sebuah network.

eCPM (Effective CPM) atau eCPM atau CPM (Cost Per Million)
Perbandingan antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah page impression (per 1000) yang didapatkan dari iklan. Sebagai misal, publisher yang menghasilkan $100 dari 10,000 impression akan memiliki nilai CPM sebesar $10($100/10).

Firewall
Proteksi sistem komputer dengan tujuan mengamankan network internet.

Frame
Teknik html yang memungkinkan halaman web menampilkan dua atau tiga halaman di halaman window browser yang sama.

Freeware
Perangkat lunak yang didistribusikan secara gratis.

Frequency of ads
Beberapa kali iklan tersebut tampil di suatu halaman web.

FTP (File Transfer Protocol)
Protokol standar untuk kegiatan lalu-lintas file antara dua komputer yang terhubung dengan jaringan internet.

Geo-Targetting
Target lokasi dan bahasa tertentu yang dibuat oleh pemasang iklan (AdWords) dan publisher AdSense.

Google Advertising Network
Jaringan iklan Google yang menampilkan iklan AdSense seperti America Online, COmpuserve, Netscape, New York Post, dan lain-lain.

Hidden Text
Text tersamar yang dapat dibaca oleh situs pencari namun tidak dapat dibaca oleh pengunjung.

Homepage
Halaman depan dari sebuah situs web.

Host name
Nama host.

HTML (Hypertext Markup Language)
Salah satu varian dari SGML yang digunakan dalam pertukaran dokumen melalui protokol HTTP.

HTTP
Standar pengiriman yang digunakan untuk mengirim dokumen HTML melalui WWW.

IP Address
Sistem pengalamatan di network yang direpresentasikan dengan sederetan angka berupa kombinasi 4 deret bilangan antara 0 sampai dengan 255 yang masing-masing dipisahkan oleh tanda titik (.), mulai dari 0.0.0.1 hingga 255.255.255.255.

JavaScript
Bahasa script yang secara umum digunakan dalam halaman-halaman web.

Keyword
Kata atau frase tertentu.

Keyword Weight
Berapa kali suatu keyword muncul di halaman dan dihitung dalam persentase dari semua kata yang lain di halaman tersebut.

Link
Teks atau gambar yang dipakai dalam dokumen HTML untuk melompat dari satu dokumen ke dokumen lain.

Link Popularity
Banyaknya situs web yang melakukan link ke suatu situs tertentu.

Load Time
Jumah waktu yang dibutuhkan pemakai untuk mengambil halaman web dan menampilkan pada komputer pemakai.

Login
Pengenal untuk mengakses atau masuk ke sistem yang tertutup.

Maximum Cost-Per-Click
Maksimum biaya CPC untuk suatu kategori iklan.

Maximum Cost-Per-Thousand-Impressions
Maksimum biaya CPM untuk suatu kategori iklan.

Page Impressions
Jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. 1 page impression = 1 x kemunculan.

Page View
Banyaknya suatu halaman web dikunjungi oleh pengunjung.

PSA (Public Service Ads)
Iklan layanan masyarakat yang muncul akibat tidak ada iklan tertarget yang cocok dengan isi halaman web atau account AdSense dari publisher telah dihapus oleh Google. Publisher tidak akan mendapat bayaran jika ini diklik oleh pengunjung.

Payout Rate
Prosentase pembayaran yang akan dibayarkan Google pada setiap klik yang ditentukan oleh Google.

Publisher
Pemilik situs, blog atau portal.

Referrals
Pendapatan publisher yang diperoleh dengan mengajak publisher lain bergabung dengan AdSense.

Robots.txt
File teks yang terdapat dalam suatu root directory suatu web yang digunakan untuk mengontrol halaman-halaman tertentu agar diindeks atau tidak diindeks oleh spider.

Spider/Spide.txt
Software robot yang bertugas mengunjungi halaman website secara detail. Hasil yang diperoleh oleh spider tersebut akan digunakan oleh search engine untuk membuat index.

Terms of Service (TOS)
Kebijakan yang harus dipatuhi dan disepkati.

Top Keyword
Kata atau frasa yang banyak dicari pengguna melalui mesin pencari.

Upload
Pengiriman data (berupa file) dari komputer lokal ke komputer lainnya yang terhubung dalam sebuah network.

Webmail
Fasilitas pengiriman, penerimaan, dan pembacaan email lewat sarana web.

Web Page Traffic
Jumlah pengunjung yang mengunjungi halaman suatu web.

Web Server
Perangkat keras dan perangkat lunak yang dipakai untuk menyimpan dan mengirimkan dokumen HTML untuk digunakan dalam WWW.

World Wide Web (WWW)
Suatu sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © / dillablog

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger