April 15, 2009

Faktor-faktor Penentu SEO (lanjutan 1)

2. Meta Tags

Meta tags adalah keterangan tentang suatu halaman web atau blog. Ada dua meta tags yang penting, yaitu Meta Keywords dan Meta Description. Untuk meta description, akan muncul juga di halaman pencarian Google. Sebagaimana title, usahakan panjang description tidak lebih dari 155 karakter. Jika lebih, dengan sendirinya akan terpotong.

Seperti biasa agar lebih disukai Google dan sesuai aturan SEO maka perlu ditambahkan kode berikut ini sebelum kode <b:skin><![CDATA[/*

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta name="description" content="Deskripsi Blog anda" />
<meta name="keywords" content="kata kunci , kata kunci, kata kunci, dst" />
</b:if>

Meta tags juga terletak di antara tag <head> ... </head>. Anda bisa mencobanya untuk melakukan search seperti yang dilakukan pada tahap pertama. Ternyata, sama bukan? Maka, faktor penting kedua dalam SEO adalah Meta Tags, khususnya meta Tags Description. Meta Keywords bisa kamu gunakan jika kata kunci yang Anda pakai memiliki banyak arti atau menggunakan miss-pell. Meta Keyword juga berfungsi memberi tahu Google kata kunci yang dipakai di blog kita. Walaupun bukan penentu utama, tapi keberadaan kata kunci ini akan lebih memfokuskan Google pada kata kunci-kata kunci yang kita inginkan.

3. Heading

Faktor berikutnya yang sangat mempengaruhi posisi kita di Search Engine adalah heading,dan Google lebih suka dengan H1. Kode untuk heading biasanya seperti ini :

<b:if cond='data:post.title'>
<h3 class='post-title entry-title'>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</h3>
</b:if>

Heading memiliki beberapa level. Biasanya bentuk umum pada kebanyakan template mengunakan H2, H3 sampai H4 level dalam satu halaman. Untuk menentukan levelnya cukup dengan mengganti angka 1 dengan angka-angka levelnya. Jadi seperti ini kodenya :

<b:if cond='data:post.title'>
<h1 class='post-title entry-title'>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</h1>
</b:if>

Setelah itu tambahkan kode berikut sebelum kode ]]></b:skin>

h1.post-title, .post h1 #Blog1 h1, #Blog2 h1 { font-size:1.5em; }

4. Content

Content atau isi halaman juga menentukan posisi kita. Kata-kata yang ditangkap oleh Google adalah kata-kata yang menggunakan huruf tebal, miring, atau garis bawah. Jadi usahakan dalam menulis artikel. Kamu menggunakan kata-kata tebal, miring, atau garis bawah. Ya, tentunya yang paling utama adalah berkualitas. content yang berkualitas sehingga banyak dibutuhkan dan dicari oleh orang karena memberikan manfaat bagi mereka.

Yang perlu ditambahkan pada content inii adalah membuat agar tidak terjadi duplicate content / konten ganda, hal ini akan menyebabkan kemarahan om Google dan tidak dapat mentolerir terhadap konten ganda. Ini dapat diatasi dengan cara menambahkan kode berikut ini :

<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical' /> setelah kode <head>.

Faktor-faktor penentu SEO ...

1 komentar:

Copyright © / dillablog

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger