Agustus 25, 2010

Tips Mempertahankan Kedisiplinan

Bagan ini mempersembahkan dan mengungkapkan enam bagian pikiran yang memiliki kemampuan untuk mempertahankan kedisiplinan dengan mudahnya.



Bagian-bagian ini dinomori sesuai peran penting masing-masing, meski siapa pun tidak mungkin memastikan bagian mana yang lebih penting daripada yang lainnya, karena masing-masing bagian adalah faktor esensial dalam mengekspresikan pemikiran.
Kami tak punya pilihan selain menempatkan ego, tempat bersemayamnya kekuatan-kehendak, dalam posisi pertama.

Pasalnya, Kekuatan-kehendak (ego) bisa mengendalikan seluruh bagian pikiran lainnya, dan wajar jika disebut “Mahkamah Agung” nya pikiran, yang keputusannya bersifat final dan bukan menjadi target mahkamah tinggi mana pun.

Fakultas emosi menempati posisi kedua lantaran sudah menjadi rahasia umum bahwa kebanyakan orang dikendalikan oleh emosi mereka. Karena itulah fakultas ini berada di bawah “Mahkamah Agung”.

Fakultas nalar menempati posisi ketiga karena memiliki efek memodifikasi yang menyiapkan aksi emosional untuk dimanfaatkan secara aman. Pikiran yang “seimbang” adalah pikiran yang mewakili suatu kompromi antara fakultas emosi dengan fakultas nalar. Kompromi ini biasanya dijalankan oleh “Mahkamah Agung”, tepatnya fakultas kehendak.

Fakultas kehendak kadang memutuskan emosi mana yang berlaku. Di kali ini, ia berpihak pada fakultas nalar, tetapi dialah yang memberi kata akhir. Dan ke bagian mana pun ia berpihak berarti bagian itulah yang dimenangkan dalam perselisihan antara nalar dengan emosi.

Betapa luar biasanya sistem ini!

Fakultas imajinasi mendapat posisi keempat karena ia adalah bagian yang menciptakan ide, rencana, juga cara dan alasan untuk mencapai tujuan, yang kesemuanya diilhami oleh fakultas emosi atau fakultas kehendak.

Barangkali anda berpendapat bahwa fakultas imajinasi berfungsi sebagai “komite cara dan sarana” bagi pikiran. Akan tetapi, tidak jarang fakultas ini bertindak sendiri dan melakukan eksplorasi fantastis di tempat-tempat yang tak memiliki kaitan absah dengan fakultas kehendak. Dalam perjalanan atas dorongan sendiri ini, imajinasi sering kali berperan penuh, bekerja sama, dan mendorong emosi. Itulah sebabnya mengapa semua keinginan yang berasal dari fakultas emosi harus dicermati benar oleh fakultas nalar, bahkan jika perlu dijaga ketat oleh fakultas kehendak.

Apabila emosi dan imajinasi lolos dari pengawasan nalar dan kendali kehendak, keduanya akan menyerupai sepasang bocah bandel yang memutuskan untuk bolos sekolah, dan bermain-main di kolam renang, atau mencuri semangka di kebun tetangga.
Tak ada kenakalan yang tak bisa dilakukan keduanya. Karena itulah, emosi dan imajinasi harus lebih didisiplinkan daripada fakultas-fakultas pikiran lain digabungkan menjadi satu. Camkanlah hal ini!

Dua bagian lainnya, kesadaran dan memori, harus bersatu. Dan meskipun penting, mereka berada di posisi terakhir dalam bagan di atas.

Sedangkan alam pikiran bawah sadar mendapat posisi di atas keenam bagian pikiran lainnya. Pasalnya, dialah jembatan penghubung antara pikiran sadar dengan Kecerdasan Tak Terbatas, dan medium yang memungkinkan semua bagian pikiran menerima kekuatan pemikiran.

Alam pikiran bawah sadar bukanlah objek pengendalian, melainkan objek yang dipengaruhi, dengan sarana yang telah dijelaskan. Ia bertindak sendiri, dan secara sengaja, meskipun tindakannya bisa dipercepat dengan mengintensifkan emosi, atau mengamalkan kekuatan kehendak dalam tingkat tinggi.

Keinginan kuat di balik Tujuan Utama yang pasti bisa mendorong aksi pikiran bawah sadar dan mempercepat kerjanya.

11 komentar:

  1. Bacanya harus pelan2 nih, supaya ngerti banget, hehehe

    BalasHapus
  2. :thanks: sumpah detail bgt nih infonya... setuju bgt... otak kita harus sering2 dilatih... :siul:

    BalasHapus
  3. sumpah gan, keren postingannya, semoga bermanfaat bagi kita semua, amien

    http://awaluddin.com

    BalasHapus
  4. tips nya ok juga,,,
    tinggal di pake ajj..

    mksih buat info nya..

    kalau lebih bagus itu gambar bagan nya di perbesar,,,,

    BalasHapus
  5. infonya bagus,,
    sangat bermanfaat

    semoga kita bisa mempertahankan bahkan bisa meningkatkan kedisiplinan.

    BalasHapus
  6. kedisiplinan kunci dari kesuksesan,,

    tips yang bagus buat mempertahankan nya..
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  7. semoga tips ini sangat berguna dan bermnfaat :)

    BalasHapus
  8. smoga kita termotivasi dengan postingan ini,,
    terima kasih ya buat info nya

    BalasHapus

Copyright © / dillablog

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger