Januari 27, 2012

Cara Buat Daftar Isi Otomatis

Berkat adanya google code, solusi hosting file yang saya tunggu-tunggu. Kali ini mau coba buat script daftar isi otomatis. Cara kerja daftar isi otomatis ini mengandalkan label suatu postingan, jadi kalau mau teratur dan rapih daftar isi sobat harus teliti dalam memberikan label suatu postingan agar tidak terjadi pengulangan suatu postingan yang diakibatkan pemberian label yang salah.

Sobat tau bukan, kalau membaca sebuah buku atau majalah, pasti yang pertama dilihat daftar isinya, karena dari daftar isi si pembaca ingin tau secara keseluruhan isi buku atau majalah tersebut, apakah menarik atau tidak secara keseluruhan. Begitu juga dengan sebuah blog. Di samping itu juga akan menahan lebih lama si pengunjung (pembaca) karena disibukkan dengan pencarian indeks dalam daftar isi, alih-alih ada yang dicarinya.

Langsung saja ini scriptnya hasil manipulasi 'feeds post' atau umpan entri bawaan blogspot.
<script src="http://dillablog.googlecode.com/files/daftar%20isi%20dilla%20blog.js">
</script><script src="http://www.namablogsobat.com/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc">
</script>

Berikut langkah-langkah :

1. Buat sebuah postingan dan beri judul "Daftar Isi", jadwalkan postingan untuk ini jauh lebih lama tanggalnya dibandingkan isi blog sobat yang lainnya yang terdahulu.
2. Lalu masukkan kode di atas, Jika mau dikreasikan dengan tambahan kalimat atau gambar bisa saja, terserah sobat. Untuk urlnya (http://www.namablogsobat.com) ganti dengan url blog sobat.
3. Simpan postingan dengan judul "Daftar Isi" tersebut.
4. Selesai, oya, sebaiknya daftar isi ini diletakkan pada navigasi top menu agar lebih serasi. Cara dengan menempatkan link daftar isi tersebut pada navigasi top menu dan beri judul "Daftar Isi".

semoga bermanfaat, selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © / dillablog

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger