Maret 06, 2012

Algoritma SEO

Tag Image/Alogritma SEO | Google Freshness, Google Panda, Google Caffeine
Algoritma SEO Google Freshness

Pada algoritma Google Fresh yang diluncurkan pada tahun ini (2012), memiliki performa meningkatkan kemampuan googlebot untuk mendeteksi komposisi iklan dan tata letak iklan pada halaman web/blog. Dimana letak iklan yang kurang bahkan tidak disukai adalah pada header, di atas postingan dan di sidebar kanan atas, disamping itu banyaknya iklan yang terpasang akan membuat pinalti google. Disarankan agar memasang iklan pada posisi footer dan sidebar kiri bawah. Jadi perlu diperhatikan dalam melakukan optimasi seo google perlu mempertimbangkan banyaknya iklan dan letak iklan yang dipasang di blog, Agar terhindar dari pinalti google.

Disamping itu, Beberapa hal yang perlu dilakukan oleh blogger dalam mengoptimasi blog agar konten blog tetap ramah terhadap algoritma Google freshnees *):
  1. Tingkatkan kecepatan loading blog
  2. Content blog yang original.
  3. Hindari melakukan spamming link karena akan merugikan blog anda dan blog tempat anda menempatkan link spam tersebut.
  4. Lakukan update blog secara berkala dengan kontent yang terbaru.
Dalam algoritma Google freshness, ditambahkan satu variabel utama baru dalam sistem pengindeksan google yaitu google memberikan nilai positif terhadap kontent/isi website yang lebih fresh/terupdate seiring perkembangan topik/keyword tertentu.

Dalam algoritma Google freshener , maka website /blog yang sering terupdate akan berpeluang untuk menempati posisi 10 SERP Google.Info rmasi lebih lengkap tentang algoritma search engine google ini bisa dilihat disini Google freshnees

Algoritma SEO Google Panda

Pada algoritma SEO Google Panda yang diluncurkan tahun lalu (2011), merupakan search engine google yang lebih menekankan pada perbandingan volume iklan dan volume kontent tanpa memperhitungkan aspek letak iklan seperti pada SEO Google Freshener.

Salah satu yang paling ditekankan oleh Google Panda adalah yang bersifat content farm dan autogenerated content. Untuk optimasi seo menggunakan algoritma google panda yaitu dengan menerapkan optimasi SEO on page yang lazim dilakukan oleh blogger agar mendapatkan posisi terbaik di search engine, daripada optimasi SEO off page. Jadi bahwa hanya optimasi seo on page-lah yang lebih penting dan sebagai jalan supaya bisa meningkatkan user expriencenya.

Kurang lebih solusi yang dapat ditawarkan untuk sobat blogger dalam mengoptimasikan blognya dengan cara Optimasi seo menggunakan algoritma google panda antara lain :
  1. Kata kunci disarankan harus ada pada title pada artikel.
  2. Pastikan pula kata kunci itu tertera pada tag header h1 , h2 atau h3 di konten kalian.
  3. Adanya gambar pada postingan. Hal ini sangatlah penting dan pastikan gambar itu mempunyai alternatif atau biasa dibilang "ALT".
  4. Pastikan keyword utama ada pada artikel dan di akhir artikel, maksudnya jika keyword yang ada di blog kita mempunyai kata kunci "SEO" maka kata kunci tersebut usahakan agar selalu ada pada artikel kita.
  5. Pastikan keyword utama atau keyword main density pada sebuah artikel berkisara antara 2% sampai 5% dimana di setiap paragrafnya mengandung keyword utama dan usahakan buatlah secara alami.
  6. Jangan memberikan sebuah external link pada konten tidak relevan atau juga bisa dibilang tidak nyambung dengan artikel yang anda punya. Contohnya jika artikel blog anda membahas tentang seo janganlah memberikan external link ke blog lain yang membahas tentang game.
  7. Jika anda menempatkan link pada blog yang tidak relevan pastikan keyword itu memiliki tag "nofollow" supaya menghindari tuduhan perjual-belian link.
  8. Pastikan artikel blog anda memiliki internal link menuju ke postingan blog anda sebelumnya dan jika anda berkenan pakai lah seo smart link merupakan suatu plugin untuk mengotomatis kan internal linking nya, dengan jalan yang bisa membuat link antar innerpage blog kita, sehingga bisa dikatakan plugin ini bisa membantu memperkuat link innerpage blog kita.
  9. Usahakan memberikan sebuah penekan pada keyword dengan tag bold, underline dan italic.
  10. Disarankanp ada saat menuliskan artikel minimal minimal 400 kata.
  11. Gunakan selalu kategori yang relevan pada judul utama artikel blog anda.
  12. Saat ini algoritma google panda mementingkan tingakt bounce rate atau pentalan dan durasi pengunjung dalam menelusuir blog anda, nah... related post, internal link dan konten video kini malah bisa meningkatkan optimasi ini.
  13. Sebisa mungkin kurangi widget yang tidak begitu bermanfaat.
Beberapa pemaparan diatas mungkin dapat menambah pengetahuan efek "low quality content" atau konten kualitas rendah(konten sampah) terhadap rangking situs secara keseluruhan.

Algoritma SEO Google Caffeine

Algoritma search engine google caffeine ini diterapkan google di tahun 2010 yang memiliki ciri khas peningkatan kecepatan mengindeks website, maka algoritma kecepatan loading blog yang menjadi fokus utama dari Google Caffeine.

Faktor-faktor berikut berperan besar pada sistem indeksan Google Caffeine
  1. Loading time
    Sistem yang baru ini memperhatikan kecepatan akses suatu website atau blog. Jadi, jika ketika kita mempunyai “loading time ” yang lebih cepat “google baru” akan lebih senang, sehingga peringkat menjadi lebih baik. Link juga berpengaruh pada kecepatan loading suatu halaman. Kemungkinan untuk kedepannya google akan memfokuskan kecepatan suatu situs terlebih dahulu kemudian baru mendeskripsikannya.
  2. Broken Links.
    Jika di dalam suatu website banyak menaut ke halaman atau situs yang tidak bisa dibuka(broken link), akan berpengaruh negatif pada posisi website di Google SERP (search engine result page).
  3. Isi web/blog, kualitas dan keakuratannya.
    Google Caffeine ini tidak suka dengan isi blog/website yang meniru mentah-mentah isi web atau blog lain. Sistem baru ini juga tidak menyukai jika ada blog atau website yang mempunyai kode HTML yang salah. Hal ini akan merugikan pemilik blog atau website tentunya. Jadi kita dituntut lebih cermat untuk selanjutnya atau mulai belajar HTML :)
  4. Adanya spam atau spamers.
    Ini mesti dihindari oleh semuanya. Perubahan cara mengindeks dari googel Caffeine ini, nantinya akan berdampak pada hasil pencarian google yang lebih baru jika dibandingkan dengan pencarian google sebelumnya. Hal ini pastinya akan mempengaruhi rank dari blog atau website juga.
Dengan menggunakan algoritma Caffeine, Google akan menganalisa web dalam ukuran yang kecil dan meng-update index pencariannya secara berkesinambungan. Ketika Google menemukan halaman atau informasi baru maka hal itu akan langsung diarahkan untuk muncul ke index.

Demikian sedikit ulasan tentang algoritma SEO yang digunakan oleh google dari tahun 2010 hingga tahun 2012 ini.




referensi :
http://asrizalwahdanwilsa.blogspot.com
http://www.komputerseo.com
http://ichwana.blogdetik.com

2 komentar:

  1. Lagi menyimak nih...terimakasih sudah berbagi ilmu :)

    BalasHapus
  2. Belum sempet baca semua. bookmark dulu..

    BalasHapus

Copyright © / dillablog

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger