Maret 10, 2012

Mengenal Teknologi USB

Tag Image/Mengenal teknologi USB
USB kependekan dari Universal Serial Bus. Definisi USB sendiri adalah cara komunikasi antara peralatan dengan Host Controller (PC). USB sering dijumpai pada perangkat keras (hardware) apa saja sebagai piranti untuk komunikasi ke PC. Sebut saja, priter, mouse, scanner, camera digital, mobile partner, dll. Umumnya masih menggunakan teknologi USB 2.0. Belakagan ini telah hadir teknologi USB 3.0, namun masih sedikit orang yang menggunakannya. Mau tau perbedaannya, simak saja berikut ini:

USB 2.0

Teknologi USB 2.0 diluncurkan sekitar bulan April 2000. Dalam buku manualnya tercantum kecepatan transfer bisa mencapai maksimal 480 Mbit/detik. Namun kenyataannya jarang sekali bisa sampai di atas 300 Mbit/detik. Suplai maksimal daya yang dibutuhkan sebesar 500mA. Terdapat 4 buah pin steker pada USB 2.0. Disarankan panjang kabel data maksimal 3 M untuk menjaga kecepatan transfer data tetap akurat.

Tag Image/Mengenal teknologi USB

USB 3.0

Teknologi USB 3.0 diluncurkan pada tahun 2007. Kecepatan transfer datan mencapai 5 Gbit/detik. Pada USB 3.0 panjang kabel bukan lagi faktor yang mempengaruhi kecepatan transfer data. Selain itu, suplai maksimal daya yang dibutuhkan sebesar 900 mA. Terdapata 5 buah pin ntuk pin steker. Kelemahannya harus diinstall terlebih dahulu driver tambahan dari vendor tersebut, karena belum ada dukungan dari sistem operasi





Demikian, informasi tentang teknologi USB, smoga dapat bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © / dillablog

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger