Maret 06, 2012

Kamus SEO

Tag Image/Kamus SEO, Optimalisasi Blog, SEO Algoritma
Algorithm (Algoritma)

Langkah-langkah matematis yang terbatas dan berurutan untuk memecahkan masalah.

Setiap Search Engine memiliki algoritma masing masing untuk menentukan relevansi query yang digunakan dengan data-data website yang mereka miliki untuk menentukan daftar hasil pencarian search engine tersebut.

Algorithmic Results

Hasil yang disediakan oleh search engine berdasarkan algoritma tertentu atas respon terhadap query yang digunakan, dikenal sebagai Organic Listing.

Biasanya search engine juga menampilkan Paid Listing bersamaan dengan Organic Listing. Meski demikian, daftar dari Paid Listing yang ditampilkan biasanya juga relevan dengan query yang digunakan.

Alt Tag/Alt Text (Alternate Tag/Alternate Text)

Teks yang ditampilkan sebagai pengganti dari gambar pada suatu halaman web site ketika gambar tidak bisa ditampilkan atau ketika mouse diletakkan di atas gambar tersebut.

Alt Tag/Alt Text berguna dalam SEO karena dapat memuat keyword yang digunakan pada halaman tersebut.

Analytics

Teknik/teknologi, pemrograman dan data yang digunakan dalam Search Engine Marketing untuk menganalisa performa dari suatu website atau sukses dan tidaknya suatu website dalam hubungannya dengan Internet Marketing Campaign.

Anchor Text

Juga dikenal sebagai link, yang menghubungkan sebuah halaman website dengan halaman website lain atau bagian dari suatu halaman website dengan bagian lainnya dalam halaman yang sama.

Anchor Text berguna dalam SEO karena Search Engine mempertimbangkan link yang berisi keyword sebagai link yang relevan.

Backlinks

Dikenal juga sebagai Backward Links atau Inbound Links, adalah semua link pada website lain yang membawa pengunjung pada website tersebut ke website Anda.

Backlinks dapat menaikkan posisi website Anda pada SERP secara signifikan, apalagi apabila backlink tersenbut terdapat pada website dengan Page Rank yang tinggi.

Banned

Disebut juga sebagai Blacklisted atau Delisted, adalah URL yang telah dihapus dari indeks Search Engine, biasanya karena didapati telah melakukan Black-Hat SEO. Website yang termasuk di dalamnya akan diabaikan oleh Search Engine dan tidak dimunculkan dalam SERP.

Banner Ad

Gambar yang dipasang sebagai iklan. Banner Ad memiliki ukuran yang bervariasi, biasanya berukuran 125×125 pixels, 468×60 pixels, 300×250 pixels, 250×250 pixels atau 728x90pixels.

Black Hat SEO

Teknik SEO yang tidak wajar/tidak etis atau teknik yang dilakukan untuk menipu Search Engine dengan tujuan untuk mendapatkan posisi yang baik pada SERP. Termasuk di antaranya adalah Spam, Cloacking atau melanggar ketentuan yang ditetapkan oleh Search Engine.

Melakukan Balck-Hat SEO dapat menyebabkan website Anda di-ban dari Search Engine.

Broken Link

Link yang tidak lagi mengarahkan pengunjung ke halaman website yang dituju.

Search Engine tidak menyukai Broken Link, menjaga setiap link pada website Anda tetap aktif adalah salah satu hal yang penting dalam meningkatkan performa website Anda.

Click Fraud

Pelanggaran atau tindakan ilegal yang menyalahi aturan/kesepakatan dalam kerjasama iklan CPC atau PPC dimana pemilik website diuntungkan dalam hal meraih imbalan dari setiap pengunjung yang meng-klik iklan yang dipasang pada website mereka.

Click-Through

Kejadian dimana seseorang meng-klik suatu iklan atau link pada daftar website tertentu dan menuju website lainnya. Mendapatkan Click-through yang tinggi adalah salah satu tujuan utama dalam SEO.

Click-Through Rate (CTR)

Persentase antara pengunjung yang berasal dari meng-klik sebuah link tertentu terhadap total pengunjung yang menuju suatu website.

Cloaking

Usaha yang dilakukan untuk memberikan tampian yang berbeda terhadap pengunjung suatu website.

Dalam hal tertentu, seperti membuat tampilan yang berbeda kepada pengunjung yang menggunakan browser berbeda bisa saja dilakukan. Cloacking menjadi ilegal ketika dilakukan untuk memberikan tampilan yang sama sekali berbeda terhadap pengunjung biasa dan Search Engine, hal seperti ini bisa menyebabkan website Anda dimasukkan dalam Blacklisted.

Contextual Link Inventory (CLI)

Data yang digunakan sebagai pembanding antara iklan yang sesuai dengan keyword tertentu terhadap konten suatu website.

Conversion

Istilah yang digunakan untuk menggambarkan berapa lama seorang pengunjung berada pada suatu halaman website dan pada akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah produk yang ditawarkan, meminta informasi lebih lanjut atau mendaftarkan sebuah akun pada website tersebut.

Conversion Rate

Persentase perbandingan antara pengunjung yang memutuskan untuk membeli sebuah produk yang ditawarkan, meminta informasi lebih lanjut atau mendaftarkan sebuah akun pada website tersebut dengan total pengunjung yang mengunjungi website tersebut pada periode tertentu.

Cost-Per-Acquisition (CPA)

Disebut juga sebagai Cost-per-Action, merupakan variabel yang ditentukan dari perbandingan antara total klik yang didapat atau total biaya yang dikeluarkan dalam hal pemasangan iklan dengan conversion yang dihasilkan atau dapat dirumuskan: CPA = Cost / Conversion.

Cost-Per-Click (CPC)

Dikenal juga sebagai Pay-per-click atau Pay-per-performance, adalah sistem yang digunakan oleh Search Engines untuk menentukan biaya yang dikeluarkan oleh pemasang iklan untuk setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung.

Cost-Per-Thousand (CPM)

Dikenal juga sebagai Cost-per-mile (mile = 1000 dalam bahasa latin) atau Cost-per-impression, adalah sistem yang digunakan oleh Search Engines untuk menentukan biaya yang dikeluarkan oleh pemasang iklan untuk setiap 1000 kali iklan dimunculkan.

Crawler

Dikenal juga sebagai Spider atau Robot, adalah program yang dijalankan oleh Search Engines untuk mengumpulkan data, mengikuti link yang ditemukan dan menyimpan setiap perubahan atau data baru yang ditemukan pada sebuah website dan menyimpan URL website tersebut pada indeks agar dapat menampilkan hasil pencarian yang lebih cepat dan akurat.

Description Tag

Dikenal juga sebagai Meta Description Tag, adalah kode HTML yang memberikan informasi/deskripsi kepada Search Engines yang berisi rangkuman informasi pada halaman website tersebut.

Directory

Daftar website yang dibuat secara manual oleh seseorang dan bukan oleh Cramwler.

Doorway Page

Dikenal juga sebagai Gateway Page atau Landing Page, berupa halaman yang minimalis dan berisi konten yang spesifik berdasarkan dan di-optimisasi untuk keyword tertentu dengan tujuan mendapatkan posisi yang lebih baik pada SERP.

Dynamic Content

Halaman/konten website yang berubah secara dinamis berdasarkan data pada database atau aktivitas yang dilakukan pengunjung. Halaman SERP adalah salah satu contoh Dynamic Content.

Geographical Targeting

Mentargetkan SEO dan SEM pada wilayah geografis tertentu seperti negara dengan maksud mengutamakan target pemasaran suatu bisnis pada wilayah tersebut.

Geographic Segmentation

Analsa yang digunakan untuk mengkategorikan asal kunjungan yang menuju suatu website berdasar.

Graphical Search Inventory (GSI)

Serupa dari Contextual Link Inventory, perbedaannya adalah data yang digunakan sebagai acuan berasal dari link yang bukan berupa teks seperti Banner Ad dan lain-lain.

Gray Hat SEO

Teknik yang bisa saja dianggap sebagai Black-Hat SEO atau White-Hat SEO.

Yang termasuk dalam Grey-Hat SEO antara lain, Doorway Pages, Gateway Pages, Cloaking dan duplicate content.

Hidden Text

Teks yang disembunyikan dari halaman website dengan cara menggunakan warna yang sama dengan warna dari background tekst tersebut dengan maksud memberikan tampilan yang berbeda terhadap crawler dan pengunjung lainnya.

Teknik ini termasuk dalam Black-Hat SEO dan akan menyebabkan website Anda Blacklisted karena crawler biasanya akan dengan menemukan trik ini dengan mudah.

Hit

Satuan untuk mengukur banyaknya akses terhadap suatu file pada sebuah website. Jika pada sebuah halaman website terdapat 10 gambar, maka setiap kali hlaman tersebut diakses akan tercata pula hit untuk setiap gambar tersebut.

Hal ini kadang membingungkan, ukuran yang lebih baik untuk menganalisa performa sebuah website adalah jumlah kunjungan per halaman.

HTML

Singkatan dari Hyper-Text Markup Language, yaitu bahasa yang digunakan untuk membentuk sebuah halaman website.

Halaman web merupakan terbentuk dari kode-kode HTML yang tertata dalam struktur tertentu.

Hyperlink

Gambar atau kumpulan teks yang apabila di-klik akan membawa seseorang menuju bagian lain dari website tersebut atau membuka website lainnya.

Index

Databse yang dimiliki oleh search engine yang berupa halaman-halaman website yang didapatkan oleh crawler.

Impression

Dikenal juga sebagai Page View, adalah ukuran yang menunjukkan tampilan dari sebuah halaman web atau iklan (dalam hal pemasangan iklan).

Internet Marketing

Penggunaan internet dalam hal promosi (advertising), menjalin jaringan dan atau menjual produk atau jasa.

Dalam hal dan level tertentu, Internet Marketing disebut Search Engine Optimization.

Keyword

Dikenal juga sebagai search terms atau query terms atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan “Kata Kunci”, adalah kumpulan kata atau kalimat yang digunakan pada halaman pencarian untuk mendapatkan informasi yang berkaitan.

Landing Page

Halaman website yang terbuka setelah seseorang meng-klik link yang bisa berupa iklan, hasil pencarian (SERP) dan lain-lain.

Landing Page biasanya juga digunakan untuk memonitor performa dari pemasangan iklan dan mengukur kesuksesan dari iklan tersebut.

Link Baiting

Sebuah konten yang secara langsung mengajak orang lain untuk memasang backlink menuju website tersebut, biasanya juga dibarengi dengan penyajian konten yang berguna bagi pengunjung.

Link Baiting merupakan teknik White-Hat SEO dan digunakan untuk meningkatkan popularitas suatu website dan Page Rank.

Link Exchange

Pertukaran link antara dua website dengan persetujuan bersama antara pengelola kedua website tersebut.

Link Farm

Halaman web atau beberapa website yang dibuat semata-mata hanya untuk meningkatkan jumlah baclink website-website yang tergabung di dalamnya.

Dalam kapasitas tertentu, praktek Link Farm dianggap spam oeh search engine dan bisa mengakibatkan website-website yang terlibat blacklisted.

Link Popularity

Satuan yang menunjukkan popularitas sebuah website dari jumlah backlink yang dimilikinya.

Listings

Daftar website yang dimunculkan oleh search engine yang diurutkan berdasarkan ranking tertentu sebagai hasil dari pencarian dengan query tertentu.

Meta Tags

HTML tag/Kode HTML yang ditempatkan pada sebuah halaman website yang berisi informasi yang dapat dibaca oleh search engine.

Meta tags biasanya berupa informasi yang menunjukkan konten halaman website tersbut (Meta Description), keywords yang relevan dengan konten (Meta Keywords) dan lain-lain.

Natural Listings/Natural Optimization

Atau disebut juga sebagai Organic Listing, daftar website yang dimunculkan sebagai hasil pencarian search engine yang semata-mata berdasarkan dengan relevansi antara keyword yang digunakan sebagai query dengan konten website dalam daftar tersebut.

Natural SEO

Optimisasi sebuah website yang semata-mata mengutamakan relevansi keywords dengan konten, desain dan struktur halaman yang tepat dan cara-cara White-Hat SEO lainnya ketimbang memasang iklan untuk dapat menempati listing pada halaman pertama SERP.

Outbound Links

Lawan kata dari Inbound Links, adalah link yang mengarahkan pengunjung menuju halaman lain pada website yang sama atau website lainnya.

Jumlah Outbound Links yang terlalu banyak pada suatu website dapat mempengaruhi SEO secara negatif atau bahkan bisa saja dianggap Link Farm.

Page Rank (PR)

Algoritma yang dibuat oleh Google untuk menganalisa link yang dimiliki sebuah website. Website dengan Page Rank dengan nilai yang besar memiliki kualitas backlink yang lebih baik.

Paid Listings

Lawan dari Natural Listing/Organic Listing, adalah layanan yang diberikan oleh search engine untuk menempatkan sebuah website pada posisi pertama SERP. Contohnya, Google AdWords.

Pay-Per-Click (PPC)

Sistem yang menentukan nilai yang harus dibayarkan oleh pemasang iklan dari setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung atas iklan yang dipasang pada program Paid Listing seperti AdWords.

Position

Disebut juga sebagai Rank adalah posisi sebuah website pada SERP yang relatif dihitung dari posisi tertinggi (pertama) hasil pencarian tersebut.

Query

Pertanyaan atau keyword yang dimasukkan pada form pencarian search engine untuk mendapatkan daftar website yang relevan dengan hal tersebut.

Registration

Dikenal juga sebagai Search Engine Submission yaitu proses mendaftarkan URL sebuah website pada search engine agar dapat dimunculkan pada SERP.

Robots.txt

Dikenal sebagai Robot Exclusion Protocol, adalah sebuah file yang ditempatkan pada server sebuah website yang memberitahu crawler dari search engine bagian mana yang dapat atau tidak dapat di-indeks oleh search engine tersebut.

Search Engine

Website yang menyediakan layanan yang memperbolehkan pengunjung untuk mendapatkan daftar website yang seusai/relevan dengan query atau keywords yang dimasukkan sebagai input oleh pengunjung tersebut.

Search Engine Marketing (SEM)

Istilah yang digunakan sebagai cara untuk memasarkan sebuah website melalui teknik-teknik Search Engine Optimization.

Search Engine Optimization (SEO)

Modifikasi dan penyesuaian yang dilakukan pada sebuah halaman website untuk mendapatkan rank yang lebih baik pada SERP.

Spam

Dalam hal ini spam adalah istilah yang digunakan untuk menyebut semua penggunaan teknik yang bertentangan dengan pedoman yang ditentukan oleh search engine atau usaha untuk mendapatkan rank yang lebih baik dengan cara-cara ilegal.

Title Tags

Tag HTML yang digunakan dalam struktur sebuah halaman website yang menunjukkan judul dari halaman tersebut.

Unique Visitor

Istilah yang digunakan sebagai satuan untuk menunjukkan jumlah kunjungan pada sebuah halaman website yang berasal dari IP Address yang sama pada periode tertentu.

Web Analytics

Analisa yang dilakukan untuk mengukur performa sebuah website terhadap data yang dimiliki seperti, Unique Visitors, Hits, Page Views dan lain-lain.


Demikian kamus SEO yang berhasil dicopas kurang-lebihnya bisa sobat tambahkan, semoga bermanfaat.




refferensi :
http://www.flashercommunity.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © / dillablog

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger