Maret 21, 2012

Cara Mendapatkan dan Mengistal Plugins

Plugin adalah script tambahan untuk meningkatkan performa dan kemampuan Wordpress. Saat ini, Wordpress telah didukung oleh ribuan plugin yang terbagi dalam puluhan kategori. Untuk mendapatkan plugin Wordpress caranya sangat mudah. Sobat bisa menggunakan search engine seperti Google atau langsung mengunjungi plugin Wordpress di : http://wordpress.org/extend/plugins.

Di sana, sobat bisa menelusuri plugin-plugin Wordpress berdasarkan kategori atau menggunakan mesin pencari untuk menemukan plugin yang diinginkan. Tersedian link download dan instruksi pemasangan untuk setiap plugin.

Plugin-plugin tersebut tersedia secara gratis untuk sobat gunakan. Namun, terlalu banyak memasang plugin akan berpengaruh terhadap kecepatan akses blog sobat. Jadi, pilihlah plugin-plugin yang perlu dan membantu performa blog sobat saja.

Cara menginstal plugin terbilang cukup mudah. Setelah mendownload plugin-nya, biasanya sobat perlu melakukan unzip dulu. Beberapa plugin hanya menyediakan satu file php saja. Tapi banyak juga yang menyertakan dalam bentuk folder. Sobat cukup mengupload seluruh foldernya ke directory wp-content/plugins.

Misalnya ada plugin dengan memakain folder adsense-manager, maka upload-lah folder adsense-manager beserta seluruh file di dalamnya ke directory wp-content/plugins.

Jika proses uploading sobat benar, plugin tersebut akan terdaftar di daftar plugin sobat. Untuk mengaktifkannya, masuk ke Admin panel >> plugins. Selanjutnya untuk mengaktifkan, klik saja link Activate yang ada di kolom Action. Maka plugin akan segera aktif dan mulai bekerja. Biasanya setelah pengaktifan ini, sobat tidak perlu melakukan apa-apa lagi. Semuanya sudah berjalan secara otomatis. Namun, ada juga plugin yang membutuhkan penanganan lebih lanjut agar bisa beroperasi. Biasanya sobat perlu mengisi beberapa form atau menempatkan kode tertentu di theme agar plugin bisa bekerja.

Demikian, sedikit cerita tentang plugins, cara mendapatkan dan menginstal-nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © / dillablog

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger