Maret 22, 2012

Cara Mengaktifkan Plugin Akismet

Plugin ini berguna untuk menghadang para spammer. Seperti biasa, untuk mengaktifkan plugin ini cukup dengan meng-klik link Active di Admin Panel >> Plugins. Namun, kita butuh API Key agar plugin ini bisa bekerja. Cara mendapatkannya, sobat perlu registrasi dulu di www.wordpress.com

Berikut ini langkah-langkahnya :

[1] Klik Sign Up Now!

[2] Lalu masukkan Username dan Password sobat,juga isikan email sobat. Jangan lupa beri centang pada pilihan I have read and agree to the fasonating terms of serves. Lalu centang juga pada pilihan Just a username, please, kemudian klik Next.

[3] Selanjutnya sobat akan mendapatkan email dari WordPress, lslu sobat buka email tersebut. Di dalamnya sudah ada keterangan tentang Username, Password, dan API KEy sobat seperti berikut ini.

[4] Sekarang sobat tinggal memasukkannya API Key tersebut ke WordPress sobat. Caranya, Admin panel >> Plugins >> Akismet Configuration. Masukkan API Key sobat di kotak yang tersedia.

[5] Klik Update Options jika sudah selesai. Oke, Akismet sudah siap bekerja menjaga wordpress sobat dari spam comment (komentar sampah).

[6] Jika suatu ketika ada komentar yang terjaring oleh Akismet, maka dia akan masuk daftar komentar sampah. Untuk melihatnya, masuk ke Admin panel >> Comments >> Akismet Spam.

[7] Jika ada spam yang masuk, bisa sobat cek dulu atau langsung klik Delete All untuk menghapus semua komentar sampah. Tapi, jika ada komentar betulan yang tanpa sengaja terjaring Akismet, sobat bisa mengeluarkannya dengan memberi tanda centang pada Not Spam dan klik tombol De-spam marked comments maka komentar tersebut akan masuk database komentar biasa (bukan spam).

Demikian, penjelasan singkat tentang plugin Akismet ini, smoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © / dillablog

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger